Bella, Beruang Madu Berkaki Tiga

Facebook
WhatsApp
Telegram
Email

Bella merupakan beruang madu yang diselamatkan dari kebun kelapa sawit dan kemudian ditranslokasikan ke SML oleh OF-UK Indonesia dan BKSDA Kalteng.

Beruang madu merupakan spesies beruang terkecil di dunia. Meskipun beruang ini memiliki ukuran yang kecil, namun beruang madu merupakan satwa yang cukup tangguh dan juga kuat. Satwa soliter ini merupakan satwa nokturnal yang aktif di malam hari. Satwa ini mempunyai cakar panjang yang melengkung, memudahkannya untuk memanjat pohon dan menggali sarang lebah. Jika kita amati, beruang madu memiliki lidah yang panjang. Dalam rekoforest.org disebutkan beruang madu memiliki lidah yang panjangnya antara 20-25 cm.

Selain mendukung BKSDA Kalteng dalam melakukan rescue dan translokasi orangutan, OF-UK Indonesia juga mendukung BKSDA dalam melakukan rescue dan translokasi satwa liar lainnya. Seperti halnya pada pada penyelamatan beruang madu Bella yang terjebak jerat di perkebunan kelapa sawit.

Setelah menerima laporan bahwa ada seekor beruang yang terjebak pada jerat di perkebunan sawit, tim WRU SKW II BKSDA Kalteng segera menghubungi tim rescue OF-UK Indonesia. Kedua tim pun segera berangkat menuju lokasi untuk menyelamatkan beruang madu tersebut. Sekitar satu jam, tim berhasil mengevakuasi dan memeriksa kesehatan beruang madu betina yang akhirnya diberi nama Bella.

Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa beruang madu dengan bobot 41 kilogram ini memiliki luka yang cukup parah pada kaki depan sebelah kiri akibat dari terkena jerat. Diperkirakan Bella telah terjebak selama kurang lebih tiga hari lamanya. Dokter hewan OF-UK Indonesia, drh. Bambang Setyawan, membersihkan luka Bella dengan NaCL serta larutan antiseptik. Selain itu dilakukan juga pengukuran tubuh, seperti lengan, kaki, lingkar kepala, lingkar dada dan lingkar pinggul. Untuk sementara Bella akan ditempatkan di kandang transit yang ada di kantor SKW II BKSDA Kalteng.

Karena luka yang parah dan sudah mulai membusuk, oleh arahan dari Kepala SKW II BKSDA Kalteng, akhirnya kaki depan sebelah kiri beruang Bella diamputasi. Sekitar 90% bagian telapak kaki depan sebelah kiri di bagian os metacarpal Bella di potong. Luka amputasi tersebut kemudian dibilas dengan cairan infus dan selanjutnya diberikan antibiotik.

Operasi amputasi berjalan dengan lancar. Pasca operasi, setiap hari secara rutin luka Bella disemprot dengan betadine dan Bella harus minum antibiotik, pereda sakit serta penambah darah. Diharapkan dalam waktu tiga sampai lima minggu Bella akan pulih kembali.

Meskipun anggota tubuhnya tidak lengkap, namun Bella tetap berhak untuk hidup di alam liar. Bella akhirnya dilepasliarkan kembali di Suaka Margasatwa Lamandau. Semoga Bella dapat bertahan di alam liar!

Artikel Lainya:

E-Newsletter Edisi Mei 2024

Halo #temankOU, Selamat datang di E-Newsletter OF-UK Indonesia. Ini merupakan E-Newsletter OF-UK Indonesia Edisi Mei 2024.  E-News OF-UK Indonesia merupakan media edukasi dan berbagi informasi

Pesona Kehati Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting dikelilingi oleh keindahan alam yang mempesona serta keunikan flora dan fauna yang menakjubkan. Tak jarang tim OF-UK indonesia dan tim Balai

Orangutan Jantan Dominan Yang Berkuasa

Orangutan merupakan mamalia arboreal terbesar yang hidup di atas pepohonan dan merupakan spesies semi soliter. Dapat dikatakan jika orangutan jantan yang telah mempunyai bantalan pipi

Hari Kartini, Gender Equality & Restorasi

Setiap tanggal 21 April, kita memperingati Hari Kartini. Raden Ajeng (RA) Kartini merupakan sosok pahlawan perempuan Indonesia yang sangat gigih memperjuangkan hak- hak perempuan. RA

Mengamati Bekantan di Suaka Margasatwa Lamandau

Bekantan (Nasalis larvatus) dinyatakan sebagai salah satu jenis satwa yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia berdasarkan PP No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan

Form Subscribe