CIPRATAN AIR YANG MENYEGARKAN

Facebook
WhatsApp
Telegram
Email

Timtom merupakan salah satu orangutan yatim piatu yang ada di program soft-release OF-UK Indonesia dan BKSDA Kalimantan Tengah. Awalnya Timtom mengikuti program soft-release di Camp JL, Suaka Margasatwa Lamandau. Namun mulai bulan Januari lalu, Manager Reintroduksi OF-UK Indonesia dan tim memutuskan untuk memindahkan Timtom ke Camp Buluh. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan Timtom agar segera mahir untuk hidup sendiri di hutan nantinya.

Camp Buluh dipilih untuk menjadi tempat soft-release bagi Timtom, karena lingkungannya yang berbeda dari Camp JL. Kebiasaan Timtom yang suka bermain di atas permukaan tanah di area camp sebelumnya, di Camp Buluh diharapkan akan lebih sering berada di atas pohon di camp tempatnya berada sekarang. Hal ini karena area Camp Buluh yang berair, meskipun sebelumnya Timtom juga suka bermain di genangan air dan lumpur.

Saat baru dipindahkan ke Camp Buluh, Timtom mulai beradaptasi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Timtom masih terlihat sedikit takut ketika ia dikeluarkan dari kandang, karena ia melihat camp yang dikelilingi oleh air. Setelah mulai terbiasa dengan keadaan camp, staff camp membawa Timtom untuk berlatih di halaman camp.  Seperti saat masih di Camp JL, saat ini di Camp Buluh Timtom juga asyik bermain air ketika bermain-main di halaman camp.

Terkadang, Timtom juga bermain bersama dengan Sinta. Sinta juga merupakan orangutan soft-release yang ada di Camp Buluh. Sinta dan Timtom akan bermain bersama dari pagi sampai dengan sore hari. Timtom akan memanjat pohon kemudian turun lagi dan bermain air. Sinta yang melihat Timtom asyik bermain air, akhirnya juga ikut mencobanya. Mereka makan di atas pohon, berkejaran dan saling menangkap satu sama lain. Ketika Timtom memakan rayap yang ia temukan di kayu lapuk, Sinta mengamati apa yang Timtom lakukan.  

Di bawah pengawasan staff camp, Timtom akhirnya mulai diinapkan di hutan yang ada di seberang Camp Buluh. Untuk menuju tempat tersebut, Timtom harus naik sampan. Timtom masih terlihat agak takut saat menaiki sampan menyeberangi sungai. Naik sampan merupakan hal yang baru bagi Timtom, karena di camp sebelumnya ia tidak pernah naik sampan.

Menurut pengamatan staff camp, saat berada di hutan, Timtom lebih banyak bermain di pohon. Ia terlihat berpindah-pindah pohon untuk mencari makanan dan bermain. Saat hari sangat panas, Timtom akan  turun ke tanah untuk berlindung dari sengatan matahari. Timtom terpantau belum bisa membangun sarang.

Semoga di tempat yang baru, Timtom makin rajin berlatih dan segera dapat membangun sarangnya sendiri. Ayo semangat Timtom, agar kamu cepat memulai petualangan menjelajahi hutan!

Artikel Lainya:

MENIMBA WAWASAN, MAKSIMALKAN PERFORMA

Mencari ilmu dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja melalui berbagai media yang ada. Di era yang serba digital seperti saat ini kita tidak

PESONA SI MACAN DAHAN

Hutan merupakan rumah bagi beraneka ragam flora dan satwa yang berbeda dan memiliki keunikan masing-masing. Satwa yang berjalan di atas tanah, bergelantungan di pohon, melata,

CIPRATAN AIR YANG MENYEGARKAN

Timtom merupakan salah satu orangutan yatim piatu yang ada di program soft-release OF-UK Indonesia dan BKSDA Kalimantan Tengah. Awalnya Timtom mengikuti program soft-release di Camp

DERTO: KONTRIBUSI NYATA DALAM KONSERVASI

Bagi Derto atau yang akrab disapa Eke, membaktikan hidupnya untuk ikut melestarikan hutan dan orangutan sebagai wujud kepedulian dan kesadarannya serta usahanya untuk menyadarkan sesamanya.

KABAR ISTIMEWA DARI ACUY

Tumbuh dan berkembang di alam liar tentu saja menghadirkan tantangan tersendiri. Untungnya, bayi orangutan selalu ditemani oleh induk mereka yang sangat berkontribusi untuk mengajarkan orangutan

Form Subscribe