Edis Oktario: Dari Ikan Pindah ke Hutan

Facebook
WhatsApp
Telegram
Email

Sebagai penyambung rangkaian kisah Figure of the month, kali ini kami akan tentang salah satu staff lapangan yang bekerja di OF-UK Indonesia. Pada kesempatan ini kami akan menceritakan tentang seseorang yang mempunyai peran penting dalam menjaga keamanan kawasan Suaka Margasatwa Lamandau (SML) dari berbagai tindak ilegal serta membantu membantu suksesnya program restorasi agar SML tetap menjadi habitat yang nyaman untuk berbagai satwa liar.

Abang yang satu ini bernama lengkap Edis Oktario, namun beliau biasa dipanggil dengan nama Sarawi. Bang Sarawi telah bergabung bersama OF UK Indonesia sejak tahun 2014. Beliau dipercaya untuk bertugas di salah satu site restorasi yang dikelola oleh BKSDA Kalteng bersama OF-UK Indonesia, yaitu Pos Danau Burung, yang berada di kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah.

Sebelum bergabung dengan OF-UK Indonesia beliau merupakan karyawan di bidang perikanan. Berawal dari informasi dari seorang kawan yang juga bekerja di kawasan SML, Bang Sarawi tertarik untuk bergabung. Saati itu beliau merasa tertarik karena belum pernah sama sekali masuk ke hutan dan beliau penasaran dengan apa yang ada di hutan.

Pada posisinya saat ini Bang Sarawi bertanggung jawab untuk melakukan patroli kawasan, monitoring satwa, membantu restorasi hutan, melakukan pemadaman kebakaran, survey populasi orangutan dan melakukan sosialisasi di desa yang berada di sekitar kawasan SML.

Selama bekerja tentu saja banyak pengalaman yang tidak terlupakan oleh Bang Sarawi. Dapat berjumpa langsung dengan satwa liar, mengetahui jenis nama-nama pohon, dapat berinteraksi dengan masyarakat di sekitar kawasan dan di dalam kawasan saat melakukan kegiatan, adalah pengalaman yang tidak akan didapatkannya jika tidak bekerja di posisinya saat ini. Pengalaman yang sangat mendalam adalah saat ia kehilangan temannya, salah satu staff lapangan yang meninggal dunia. “Kehilangan teman yang sudah seperti keluarga sendiri adalah pengalaman yang tidak bisa dilupakan,” ujar Bang Sarawi.

Setiap pekerjaan juga pasti punya tentangannya masing-masing. Bang Sarwai mengaku, tantangan pekerjaannya saat ini adalah ketika melakukan patroli kawasan, kadang beliau bertemu dengan pelaku pelanggaran hutan. Hal ini memicu konflik antara pelaku dengan petugas yang sedang berpatroli.

Di Akhir wawancara Bang Sarawi menitipkan pesan kepada kita semua. Beliau berpesan agar kita terus dapat berperan untuk membantu menjaga kelestarian hutan. Beliau juga mewanti-wanti agar kita jangan sampai menyesal di masa depan.

Artikel Lainya:

E-Newsletter Edisi September 2023

Halo #temankOU, Selamat datang di E-Newsletter OF-UK Indonesia. Ini merupakan E-Newsletter OF-UK Indonesia Edisi September 2023.  E-News OF-UK Indonesia merupakan media edukasi dan berbagi informasi

E-Newsletter Edisi Agustus 2023

Halo #temankOU, Selamat datang di E-Newsletter OF-UK Indonesia. Ini merupakan E-Newsletter OF-UK Indonesia Edisi Agustus 2023.  E-News OF-UK Indonesia merupakan media edukasi dan berbagi informasi

E-Newsletter Edisi Juli 2023

Halo #temankOU, Selamat datang di E-Newsletter OF-UK Indonesia. Ini merupakan E-Newsletter OF-UK Indonesia Edisi Juli 2023.  E-News OF-UK Indonesia merupakan media edukasi dan berbagi informasi

Membina Generasi Muda Sayang Alam

OF-UK Indonesia mendukung BKSDA Kalimantan Tengah dalam melaksanakan program edukasi yang diselenggarakan dalam rangka menyambut pelaksanaan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN). Kegiatan edukasi yang dilaksanakan

Menengok Site Restorasi

OF-UK Indonesia mendukung BKSDA Kalimantan Tengah dalam kegiatan restorasi hutan. Site restorasi yang dikelola BKSDA Kalimantan Tengah dan OF-UK Indonesia terletak di Suaka Margasatwa Lamanadau

Keluarga Baru Yang Menakjubkan

Acuy telah melahirkan anak ketiganya pada bulan Juli lalu. Hal ini diketahui saat Acuy berkunjung ke sekitar Camp Rasak, Suaka Margasatwa Lamandau, dengan menggendong bayinya.

Form Subscribe