Mengenal Ujung Atap

Facebook
WhatsApp
Telegram
Email
Fir needles with dew droplets.

Ujung Atap merupakan salah satu tanaman yang ditemui Tim Restorasi OF-UK Indonesia saat melakukan monitoring di area suksesi alami. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Baeckea Frutescens ini juga dikenal dengan banyak nama di wilayah Indonesia, seperti  Ujung Atap (Kalimantan dan Sumatra), Aron (Aceh), dan Jung Rahab (Jawa). Tanaman Ujung Atap banyak tumbuh di hutan dengan daun yang menyerupai pohon cemara.

Ujung atap merupakan tanaman semak-semak berkayu yang dapat tumbuh mencapai ketinggian berkisar antara empat sampai dengan enam meter. Sedangkan diameter batangnya berkisar sebelas sentimeter. Ujung Atap juga dikenal sebagai tanaman obat atau jamu-jamuan tradisional.

Young shoots of a pine tree in dew close-up. Mount Carmel at sunrise. Israel

Daun Ujung Atap beraroma harum. Bentuk daunnya seperti jarum dengan ukuran lima sampai sepuluh milimeter. Selain itu daun Ujung atap saling berhadapan, saling berhadapan dan menggerombol di satu ruas. Jika dilihat daun Ujung Atap berwarna merah tua pada pucuknya dan percabangannya berwarna abu-abu.

Ujung Atap juga merupakan tanaman yang menghasilkan bunga dan buah. Bunga Ujung Atap terletak di sela-sela batang dan daunnya. Bunga tanaman ini berwarna putih ketika masih muda dan bunga yang sudah tua, warnanya akan berubah menjadi warna merah tua. Ukuran bunganya berukuran tiga sampai lima milimeter dan termasuk bunga tunggal. Tanaman Ujung Atap, dapat berbunga lebat sepanjang tahun.

Buah Ujung Atap berwarna coklat dan berukuran lima milimeter. Buahnya termasuk dalam golongan buah buni. Buah ujung atap ditemui pada Juni-Oktober, Februari dan April. Dapat dikatakan jika Ujung Atap berbuah hampir sepanjang tahun.

Seperti yang telah disebutkan di atas tadi, jika tanaman Ujung Atap merupakan tanaman jamu-jamuan tradisional. Daun Ujung atap dapat digunakan sebagai minuman yang menyegarkan. Lumatan daunnya yang dicampur dengan air dapat menyembuhkan pegal-pegal. Daunnya dapat digosokkan ke seluruh tubuh. Bunga Ujung Atap dipercaya dapat memperbaiki nafsu makan. Akar Ujung Atap dapat digunakan sebagai obat rematik. Biji Ujung Atap juga dapat digunakan untuk mengobati demam.

Tanaman Ujung Atap merupakan salah satu tanaman dengan banyak khasiat. Masyarakat lokal juga sering memanfaatkan tanaman ini untuk obat. Daun ujung atap biasanya diolah menjadi bentuk serbuk. Hal ini untuk memudahkan penggunaannya sebagai obat, karena dapat dengan mudah dicampur dengan bahan lainnya.

Artikel Lainya:

E-Newsletter Edisi September 2023

Halo #temankOU, Selamat datang di E-Newsletter OF-UK Indonesia. Ini merupakan E-Newsletter OF-UK Indonesia Edisi September 2023.  E-News OF-UK Indonesia merupakan media edukasi dan berbagi informasi

E-Newsletter Edisi Agustus 2023

Halo #temankOU, Selamat datang di E-Newsletter OF-UK Indonesia. Ini merupakan E-Newsletter OF-UK Indonesia Edisi Agustus 2023.  E-News OF-UK Indonesia merupakan media edukasi dan berbagi informasi

E-Newsletter Edisi Juli 2023

Halo #temankOU, Selamat datang di E-Newsletter OF-UK Indonesia. Ini merupakan E-Newsletter OF-UK Indonesia Edisi Juli 2023.  E-News OF-UK Indonesia merupakan media edukasi dan berbagi informasi

Membina Generasi Muda Sayang Alam

OF-UK Indonesia mendukung BKSDA Kalimantan Tengah dalam melaksanakan program edukasi yang diselenggarakan dalam rangka menyambut pelaksanaan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN). Kegiatan edukasi yang dilaksanakan

Menengok Site Restorasi

OF-UK Indonesia mendukung BKSDA Kalimantan Tengah dalam kegiatan restorasi hutan. Site restorasi yang dikelola BKSDA Kalimantan Tengah dan OF-UK Indonesia terletak di Suaka Margasatwa Lamanadau

Keluarga Baru Yang Menakjubkan

Acuy telah melahirkan anak ketiganya pada bulan Juli lalu. Hal ini diketahui saat Acuy berkunjung ke sekitar Camp Rasak, Suaka Margasatwa Lamandau, dengan menggendong bayinya.

Form Subscribe